Oleh: mmotivator | April 7, 2010

HOBI

Apa yang dimaksud dengan hobi?

Mas..hobi itu yang dipake di kepala ya?
“Itu topi mba…oon banget si”

Oooo..kalu gitu hobi itu minuman yang pait, yang sering di minum sama bapak-bapak ya?
“Itu kopi…gabicon!!!”

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud hobi? Semua orang pasti sudah tau apa arti hobi. Saya mencari di Kamus Besar Bahasa Indonesia ga ada artinya “hobi” itu (apa mungkin kamus saya kurang lengkap ya..hehehehe).

Dan untuk apa sebenarnya saya mengulas tentang materi ini? Soalnya ketika saya mengecek Firestats blog ini, ada juga yang menggunakan kata kunci “apa yang dimaksud dengan hobi”.

Ok..saya akan menjelaskan semampu saya. Menurut saya, hobi adalah kesukaan. Sesuatu yang dilakukan pada waktu luang dan dilakukan dengan mengorbankan sesuatu secara sukarela.

Contohnya,
Seseorang yang sangat menggemari dunia internet dan blogging. Orang tersebut akan menyisihkan waktu luangnya untuk pergi ke warnet dengan berkorban uang, pikiran, mata, dan kaki. Kenapa?
Uang = untuk membayar
Pikiran = berinternetan tanpa berpikir kayaknya ga mungkin
Mata = Nah ini apalagi, tanpa melihat mendingan ga usah internetan
Kaki = untuk menuju warnet dan tempat di mana computer itu berada

Contoh kedua,
Seseorang yang hobi bernyanyi. Orang tersebut akan menyisihkan waktunya untuk bernyanyi. Orang itu akan berkorban suara, pikiran, dan telinga. Kenapa?
Suara = kalau nyanyi terus menerus, suara akan habis dan serak –serak
Pikiran = Ya.. untuk mengangat nada, dan liriknya
Telinga = Kalau kita sendiri ga mendengar apa yang kita nyanyikan, saya rasa tidak akan bagus.

Nah, demikian ulasan dari saya, silakan membaca artikel saya tentang “Dana untuk Hobi”. Ada yang ingin menambahkan?

CONTOH – CONTOH HOBI

Hobi membaca: Usaha toko buku dan alat tulis, taman bacaan disertai kafe untuk menjual makanan dan minuman ringan, percetakkan dan penerbitan buku, koran maupun majalah.

Hobi ngotak-ngatik komputer: Jual perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) komputer, jasa merakit, memperbaiki, instalasi komputer, jasa memasang jaringan internet ke komputer, membuka usaha desain grafis/setting komputer, membuka usaha warung internet (warnet), bisnis online/internet marketing, dan lain-lain.

Hobi memancing ikan: Membuka arena wisata tempat pemancingan dan kolam renang, membuka arena pemancingan dan rumah makan lesehan, menjual peralatan pancing.

Hobi jalan-jalan: membuka usaha perjalanan wisata (tour & travel), wisata ziarah, perjalanan haji dan umrah, menyewakan/merentalkan kendaraan roda empat atau bis wisata, perahu motor (speedboat), peralatan selam, penginapan.

Hobi memelihara ikan hias: Pemijahan ikan hias, penjualan ikan hias, pembuatan dan penjualan akuarium, penjualan pakan ikan hias.

Hobi makan dan minum: Membuat rumah makan (restaurant), kafetaria, membuka waralaba usaha makanan dan minuman, usaha penginapan.

Hobi berselancar di internet: Jasa instalasi internet, konsultan jaringan, membuka toko komputer dan menjual peralatan untuk jaringan internet, seperti modem dsb. Jasa membuat dan mendesain situs (webdesigner), menjadi pemilik situs (webmaster) untuk menjual produk sendiri di internet ataupun ikut program affiliate marketing (internet marketing).

Hobi pecinta alam: Membuka usaha pelatihan dan pendidikan untuk para pecinta alam, menjual peralatan seperti tenda, tas camping, dan sebagainya. Jasa arum jeram dan lain-lain.

Hobi memasak: usaha catering, membuka rumah makan, waralaba, menjual resep rahasia masakan, dan sebagainya.

Hobi memotret: membuka studio photo, usaha kursus photography. menyewakan kamera dan handycam, jasa memotret dan video shooting, jasa transfer photo ke media kertas, kaos (t-shirt), tas, jasa transfer video dari handycam ke cd, dvd, dsb.

Hobi olah raga: menjadi instruktur olah raga, menyewakan arena olah raga, kolam renang, gedung olah raga, menjual peralatan olah raga.

Dan masih banyak lagi jenis usaha lain yang berkaitan dengan suatu hobi.

Apakah sudah ada hobi Anda yang terkait dengan SUATU USAHA?

JIKA SAYA, HOBINYA MENULIS…

MAKA SAYA INGIN MENGARANG BUKU,SEBUAH BUKU AJA JIKA MAXIMAL AKAN BERMAKNA BAGI ANDA DAN SESAMA.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: