Oleh: mmotivator | April 16, 2010

BAGAIMANA RASANYA KITA BEKERJA DENGAN PENDIRI FACEBOOK

Facebook telah memiliki anggota lebih dari 400 juta orang, tentunya hal ini berkat hasil jerih payah tim Facebook dan juga pendirinya yaitu Mark Zuckerberg (Zuck).

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg
Mark Zuckerberg CEO Facebook.jpg

Mark Zuckerberg di Paris tahun 2008
Lahir 14 Mei 1984 (umurĀ 25)
White Plains, New York
Pekerjaan Pendiri, CEO & Presiden dari Facebook

Mark Elliot Zuckerberg (lahir di White Plains, New York, 14 Mei 1984; umur 25 tahun). Anak dari Edward dan Karen Zuckerberg. Ia adalah seorang programer komputer dan pengusaha asal Amerika Serikat. Menjadi kaya di umurnya yang relatif muda karena berhasil mendirikan dan mengembangkan situs jaringan sosial Facebook di saat masih kuliah dengan bantuan teman Harvardnya Andrew McCollum dan teman sekamarnya Dustin Moskovitz dan Crish Hughes. Saat ini ia menjabat sebagai CEO Facebook.[3]. Zuckerberg terlahir sebagai Yahudi, namun ia memproklamirkan dirinya sebagai seorang Atheis

Forbes mencatatnya sebagai milyarder termuda, atas usaha sendiri dan bukan karena warisan, yang pernah tercatat dalam sejarah. Kekayaannya ditaksir sekitar satu setengah miliar dolar Amerika.[4]

Awal tahun 2009 Mark Zuckerberg mendapat penghargaan Young Global Leaders.

Semasa Kuliah

Zuckenberg adalah anggota Alpha Epsilon Pi.Pada awalnya Mark Zuckerberg hanyalah seorang mahasiswa dari Universitas Harvard.Zuckerberg lalu membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya.Tetapi setelah ia membuat sistem tersebut,ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung didalamnya.Sistem itu lama kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempatnya kuliah,dan inilah awal dari Facebook yang kita kenal saat ini.

Dari situasi inilah,Zuckerberg berinisiatif untuk mengembangkan sistem jejaring tersebut.Mula-mula Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberi nama Facebook.Zuckerberg dan kawan-kawannya lalu menyewa tempat di Palo Alto,California sebagai tempat untuk mengembangkan Facebook.Karena keasyikan untuk mengembangkan proyek Facebook,maka Zuckerberg lupa akan kuliahnya.Zuckerberg dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit antara memilih pendidikannya atau bisnis proyek yang sedang dia kembangkan.Dengan sikap yang optimis Zuckerberg dan kawan-kawannya memilih untuk meninggalkan kuliah mereka,dan memfokuskan diri pada proyek Facebook tersebut.

Mengutip dari catatan seorang software engineer di Facebook Andrew ‘Boz’ Bosworth disitu kita bisa mengetahui bagaimana karakter kepemimpinan Zuck yang dikaguminya. Pengalaman bekerja dengan Zuck dituliskan sebagai apresiasi kepada mereka yang ingin tahu bagaimana rasanya bekerja dengan Zuck, dan disitu dituliskan beberapa poin penting yang bisa kita simak berikut ini.

1. Zuck expects debate. Zuck mengharapkan perdebatan.
Selama saya telah di Facebook, saya terkesan dengan betapa ia lebih suka menjadi bagian dari diskusi yang sedang berlangsung tentang produk dan bukan untuk menjadi seorang diktator.

2. Zuck isn’t sentimental. Zuck tidak sentimental.
Setiap kali ZUck memandang produk, maka seolah-olah ia lakukan itu dengan pandangan baru. Dia tidak peduli oleh produk lain yang mirip ataupun yang sudah ada.

3. Zuck experiences things contextually. Pengalaman Zuck hal-hal kontekstual.
Dia jarang membuat keputusan dengan berbicara tentang produk secara abstrak dan lebih suka bermain dengan mereka. Hal-hal yang terjadi di sekitarnya dalam hidupnya dan dalam industri kami memiliki dampak besar pada bagaimana ia melihat produk.

4. Zuck mendorong dan menantang orang untuk lebih baik
Tergantung pada siapa yang ia hadapi, Zuck akan menantang orang-orang untuk mendapatkan yang lebih banyak dilakukan dalam waktu kurang dari yang diperkirakan.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: